PERTEMUAN 2 DASAR PEMROGRAMAN BAHASA C/C++
TUGAS PENDAHULUAN
1. Tuliskan dan jelaskan kata-kata kunci pada bahasa C!
1. Tuliskan dan jelaskan kata-kata kunci pada bahasa C!
- Auto, dipakai untuk membuat variabel sementara/temporer yang di ciptakan atas entry ke dalam blok dan akan di hancurkan saat keluar program.
- Break, untuk keluar dari loop do, for atau while dalam kondisi suatu perulangan yang normal.
- Case, dipakai dalam statemen switch.
- Char, merupakan tipe data variabel karakter.
- Const, memberitahukan pada compiler bahwa isi dari variabel tidak dapat berubah (konstan).
- Continue, untuk mengirimkan bagian dari kode dalam loop dan memaksa ekspresi kondisional untuk di evaluasi.
- Default, dipakai dalam statemen switch, memberikan sinyal bahwa blok default di eksekusi jika tidak ada statemen yang benar dalam kondisi switch.
- Do, salah satu dari 3 loop yang ada pada bahasa c/c++.
- Double, tipe data untuk mendeklarasikan variabel dengan double-precision-floating-point, biasa dipakai dalam perhitungan matematika.
- Else, menandakan optional pada kontrol if.
- Enum, merupakan tipe specifier yang dipakai dalam enumerasi.
- Extern, menyatakan kepada compiler yang mendefinisikan variabel yang diletakan dimanapun dalam program.
- Float, tipe data yang dipakai untuk mendefinisikan variabel floating point.
- For, mengijinkan inisialisasi secara otomatis dari instrumen variabel counter.
- Goto, menyebabkan eksekusi program melompat ke suatu label dalam statemen goto.
- If, merupakan kondisi atau percabangan.
- Int, tipe data untuk mendeklarasikan suatu variabel integer.
- Long, tipe data modifier yang biasa dipakai untuk mendeklarasikan suatu variabel long integer dan long double.
- Register, modifier yang diperlukan untuk suatu variabel yang diurutkan yang mengijinkan akses terhadapnya secara cepat.
- Return, memaksa kembali dari suatu fungsi dan dapat dipakai untuk mentransfer nilai ke rutin yang memanggilnya.
- Short, tipe data untuk modifier dan dipakai dalam variabel small integer.
- Signed, tipe modifier yang tidak umum dipakai untuk data.
- Sizeof, kata kunci dimana juga merupakan compile-time operator yang mengembalikan panjang dari variabel atau tipe precede.
- Static, untuk mendeklarasikan tipe data yang menyebabkan keyboard dalam tipe data dimodifikasi, menyebabkan compiler membuat storage permanen untuk variabel.
- Struct, untuk membuat tipe data agregat, disebut struktur karena memiliki anggota.
- Switch, statemen muliti kondisi, untuk merute kondisi yang jumlahnya banyak.
- Typedef, pernyataan yang mengijinkan kiita untuk membuat nama baru dari tipe data yang sudah ada.
- Union, membuat tipe agregat dalam 2 atau lebih variabel.
- Unsigned, peubah tipe yang mengatakan pada compiler untuk membuat variabel menangani hanya variabel tipe unsigned (misalnya bilangan positif).
- Void, untuk mendeklarasikan fungsi void (fungsi yang tidak mengembalikan nilai).
- Volatile, mengatakan pada compiler bahwa variabel konstan mungkin akan diubah dengan cara implicit yang di definisikan dalam program.
- While, merupakan salah satu bentuk perulangan.
2. Tuliskan dan jelaskan fungsi-fungsi yang digunakan pada bahasa C!
- PRINTF(), fungsi yang paling sering digunakan dalam menampilkan data.
- PUTS(), digunakan khusus untuk menampilkan sebuah data string ke layar.
- PUTCHAR(), digunakan khusus untuk menampilkan sebuah karakter ke layar.
- SCANF(), fungsi yang dapat digunakan untuk memasukan berbagai jenis data.
- GETCH(), untuk membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu di akhiri dengan enter.
- GETCHE(), membaca karakter lalu menampilkannya di layar.
- SQRT, menghitung akar positif dari sebuah bilangan bulat.
- POW, menghitung Xy.
- TAN, menghitung nilai tangent dari sebuah sudut.
- DIV, membagi duang bilangan bulat, memberikan hasil bagi dan sisanya.
- CEIL, membulatkan ke atas.
- FLOOR, membulatkan ke bawah.
- EXP, menghitung ex.
- MAX, memberikan bilangan yang lebih besar dari 2 bilangan yang di berikan.
- MIN, memberikan bilangan yang lebih kecil dari 2 bilangan yang diberikan.
3. Tuliskan dan jelaskan konstanta karakter escape (escape character) pada bahasa C!
- \a, bunyi bell pada speaker komputer.
- \b, mundur satu spasi (backspace).
- \f, ganti halaman (form feed).
- \n, ganti baris baru.
- \t, tab horizontal.
- \v, tab vertikal.
- \0, nilai kosong (null).
- \’, karakter petik tunggal.
- \”, karakter petik ganda.
- \?, karakter tanda tanya.
- \DDD, menyatakan karakter yang nilai ASCII-nya sama dengan nilai octal DDD.
- \xHH, menyatakan karakter yang nilai ASCII-nya sama dengan nilai hexa HH.
4. Tuliskan dan jelaskan kode-kode format untuk fungsi scanf!
Karakter
|
Tipe Argumen
|
Keterangan
|
%d, %i
|
int
|
Untuk membaca tipe bilangan bulat dalam bentuk decimal (basis 10)
|
%o
|
int
|
Untuk membaca tipe bilangan bulat dalam bentuk octal (basis 8) tanpa diawali angka 0
|
%u
|
int
|
Untuk membaca bilangan bulat tanda tanda (unsigned)
|
%c
|
char
|
Untuk membaca karakter
|
%s
|
char*
|
Untuk membaca string (kumpulan karakter)
|
%f
|
float
|
Untuk membaca bilangan real dengan tipe float
|
%lf
|
float
|
Untuk membaca bilangan real dengan tipe double
|
%ld
|
float
|
Untuk membaca bilangan real dengan tipe long int.
|
%e
|
double
|
Untuk membaca bilangan real dengan bentuk eksponen
|
TUGAS AKHIR
1. Buatlah algoritma dan program untuk menghitungvolume dan luas permukaan bola apabila masukkannya berupa jari-jari. Jari-jari yang dimasukkan bertipe float dan output atau keluaran yang dihasilkan adalah luas dan volume permukaan boladengan tipenya adalah float.
output:
#include <stdio.h>
#include <math.h>
main()
{
float phi=3.14;
int r;
float volume,luas;
printf ("masukan jari-jari : ");
scanf ("%d",&r);
volume = 4/3*phi*pow(r,3);
luas = 4*phi*pow(r,2);
printf ("Volume bola dengan jari-jari %d adalah %f dan luasnya adalah %f",r,volume,luas);
}
#include <math.h>
main()
{
float phi=3.14;
int r;
float volume,luas;
printf ("masukan jari-jari : ");
scanf ("%d",&r);
volume = 4/3*phi*pow(r,3);
luas = 4*phi*pow(r,2);
printf ("Volume bola dengan jari-jari %d adalah %f dan luasnya adalah %f",r,volume,luas);
}
output:
Baca Juga : PERTEMUAN 3 DECISION (IF) PEMROGRAMAN C/C++
Comments
Post a Comment